Kartu Kredit - Sebuah Tanggung Jawab

Sabtu, 12 Desember 2009 , Posted by LPK Jawa Timur at 12/12/2009 11:47:00 AM


Kartu Kredit - Sebuah Tanggung Jawab
Pada jaman yang seba modern sekarang ini, setiap orang pasti memiliki paling tidak 1 buah kartu kredit. kebanyakan orang bisa mendapatkannya dengan mudah, banyak ditemui sales kartu kredit di mall ataupun kenalan anda, bahkan terkadang untuk membuatnya tidak dibutuhkan dokumen-dokumen yang seharusnya diperlukan contoh: slip gaji.
Artikel ini akan mencoba untuk memberi arahan ataupun petunjuk bagaimana cara terbaik dalam menggunakan kartu kredit, sehingga anda tidak terlilit hutang yang anda tidak mampu untuk membayarnya.

Bayar setiap bulan tepat pada waktunya
Kebanyakan kartu kredit memberikan anda tenggang waktu 2 minggu dalam pembayaran setiap bulannya. Pengguna yang pandai bisa menggunakan untuk hal ini dalam mengatur pengeluaran mereka, dengan menggunakan "uang gratis" untuk beberapa minggu dan membayarnya penuh pada akhir bulan.

Tetapi yang patut diwaspadai adalah, sering kali kartu kredit digunakan lebih banyak daripada yang telah direncanakan. Masalah timbul jika tagihan akhir bulan tidak dibayarkan sepenuhnya. Ketika itu terjadi bunga akan dikenakan atas sisa hutang anda, dan akan sangat cepat ter-akumulasi. Jadi tanamkan pada diri anda, seberapa besar yang anda ingin gunakan dan jangan pernah untuk melanggarnya.

Tanyakan tingkat bunga secara reguler
Perusahaan kartu kredit sangat pesat sekali berkembang belakangan ini. Tentu saja pelanggan lebih diuntungkan, selain banyak pilihan juga para perusahaan menawarkan hal-hal menarik seperti bunga rendah ataupun hadiah-hadiah setelah kartu kredit disetujui. Pastikan anda menanyakan bunga kartu kredit anda secara reguler. Mungkin saja sudah lebih rendah dari pertama anda membuat.

Batasi hanya 1 kartu kredit
Membatasi diri dengan hanya memiliki 1 kartu kredit memang sangat sulit tetapi juga menyenangkan dan menguntungkan. Dengan memiliki 1 kartu kredit anda bisa pengeluaran anda dalam 1 laporan keuangan saja. Mungkin jika anda telah memiliki istri/suami anda bisa berbagi pengunaan (model kartu tambahan) sehingga anda berdua bisa memonitor pengeluaran dengan mudah. Jangan pernah tertipu tawaran-tawaran menarik dari toko tempat anda belanja, sering kali kartu kredit dari toko memiliki tingkat bunga yang sangat tinggi dan akan merugikan anda.

Pastikan limit sesuai dengan kemampuan
Limit dari sebuah kartu kredit sangat berperan besar dalam perencanaan keuangan anda. Sangat lumrah jika perusahaan pembuat kartu kredit menawarkan anda dengan limit yang jauh diatas kemampuan anda. Ini adalah salah satu strategi mereka supaya anda lebih banyak berbelanja, dan pada akhirnya tidak mampu untuk membayar semua sehingga terkena bunga.

Cobalah berhitung... tambahkan total pengeluaran bulanan anda dengan berapa yang akan anda tabung. Jika hasilnya lebih kecil daripada limit kartu kredit anda, cobalah hubungi perusahaan kartu kredit tersebut untuk mengurangi limit kartu kredit anda.

Mengenai keamanan kartu kredit
Carding atau kejahatan kartu kredit sudah mulai marak belakangan ini. Mungkin saja data kartu kredit anda sudah dimiliki oleh penjahat. Setiap perusahaan pembuat kartu kredit pasti memiliki beberapa fitur keamanan kartu kredit. Pastikan anda menanyakan kepada mereka apa saja yang mungkin anda perlukan, dan jangan sungkan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Beberapa cara untuk mengurangi resiko kartu kredit anda digunakan oleh penjahat. Kebanyakan tips yang diberikan merupakan hal yang wajar, contohnya: jangan pinjamkan kartu kredit anda kepada siapapun ataupun simpan lembaran tagihan atau pin ditempat yang tidak diketahui orang lain. Satu hal yang sangat penting untuk diketahui ialah terdapat identifikasi nomor pada bagian belakang kartu kredit anda, pastikan bahwa nomor itu hanya anda yang tahu.

Kemudian jika anda sering berbelanja online, pastikan bahwa website tempat anda membeli barang sudah dilengkapi dengan security domain seperti verizon. Jika anda mengetahui bahwa kartu kredit anda telah di gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, langsung hubungi perusahaan pembuat kartu kredit anda untuk meng-konfirmasi hal tersebut.


Kartu kredit sangat mudah dan nyaman digunakan untuk berbelanja, tetapi harus diingat bahwa kartu kredit adalah hutang. Anda harus membayarnya dikemudian hari. Jadi gunakanlah sebanyak yang anda mampu membayarnya. Kartu kredit adalah sebuah tanggung jawab. Jika anda sudah bisa mengatur pengeluaran kartu kredit anda, kami yakin anda pasti sudah bisa mengatur semua pengeluaran anda dengan baik.

http://www.boleh.net.id

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Untuk penulisan Komentar di mohon tidak menulis tulisan yang mengandung SARA. TERIMA KASIH